MODEL PEMBELAJARAN KHUSUS SAINS


MODEL PEMBELAJARAN KHUSUS SAINS

A.    PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran. Model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas dari pada strategi, metode atau prosedur pembelajaran. Istilah model pembelajaran mempunyai 4 ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau metode pembelajaran :
1. Rasional teoritis yang logis yang disusun oleh pendidik.
2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Langkah-langkah  mengajar yang duperlukan agar model pembelajaran dapat                                  dilaksanakan secara optimal.
4                     4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.
                     jika digambarkan dalam diagram venn.

Bruce Joyce dan Marsha Weil (dalam Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990) mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran, yaitu: (1) model interaksi sosial; (2) model pengolahan informasi; (3) model personal-humanistik; dan (4) model modifikasi tingkah laku.
Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun tentang Standar Proses, model pembelajaran yang diutamakan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning), model pembelajaran Discovery (Discovery Learning), model pembelajaran berbasis projek (Project Based Learning), dan model pembelajaran berbasis permasalahan (Problem Based Learning).

Untuk menentukan model pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
1.  Kesesuaian model pembelajaran dengan kompetensi sikap pada KI-1 dan KI-2 serta kompetensi pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan KD-3 dan/atau KD-4.
2.     Kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik KD-1 (jika ada) dan KD-2 yang dapat mengembangkan kompetensi sikap, dan kesesuaian materi pembelajaran dengan tuntutan KD-3 dan KD-4 untuk memgembangkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
3.  Penggunaan pendekatan saintifik yang mengembangkan pengalaman belajar peserta didik melalui kegiatan mengamati (observing), menanya (questioning), mencoba/mengumpulkan informasi (experimenting/ collecting information), mengasosiasi/menalar (assosiating), dan mengomunikasikan (communicating).

B.     MODEL-MODEL PEMBELAJARAN SAINS
1.      Model Inquiry Learning
Model pembelajaran Inkuiri biasanya lebih cocok digunakan pada pembelajaran matematika, tetapi mata pelajaran lainpun dapat menggunakan model tersebut asal sesuai dengan karakteristik KD atau materi pembelajarannya. Langkah-langkah dalam model inkuiri terdiri atas:
a.          Observasi/Mengamati berbagi fenomena alam. Kegiatan ini memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik bagaimana mengamati berbagai fakta atau fenomena dalam mata pelajaran tertentu.
b.         Mengajukan pertanyaan tentang fenomana yang dihadapi. Tahapan ini melatih peserta didik untuk mengeksplorasi fenomena melalui kegiatan menanya baik terhadap guru, teman, atau melalui sumber yang lain.
c.          Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban. Pada tahapan ini peserta didik dapat mengasosiasi atau melakukan penalaran terhadap kemungkinan jawaban dari pertanyaan yang diajukan.
d.         Mengumpulkan data yang terakait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan, sehingga pada kegiatan tersebut peserta didik dapat memprediksi dugaan atau yang paling tepat sebagai dasar untuk merumuskan suatu kesimpulan.
e.          Merumuskan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data yang telah diolah atau dianalisis, sehingga peserta didik dapat mempresentasikan atau menyajikan hasil temuannya.

2.      Model Discovery Learning.
Langkah-langkahnya
a.       Stimulation (memberi stimulus). Pada kegiatan ini guru memberikan stimulan, dapat berupa bacaan, atau gambar, atau situasi, sesuai dengan materi pembelajaran/topik/tema yang akan dibahas, sehingga peserta didik mendapat pengalaman belajar mengamati pengetahuan konseptual melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat gambar.
b.      Problem Statement (mengidentifikasi masalah). Dari tahapan tersebut, peserta didik diharuskan menemukan permasalahan apa saja yang dihadapi, sehingga pada kegiatan ini peserta didik diberikan pengalaman untuk menanya, mencari informasi, dan merumuskan masalah.
c.       Data Collecting (mengumpulkan data). Pada tahapan ini peserta didik diberikan pengalaman mencari dan mengumpulkan data/informasi yang dapat digunakan untuk menemukan solusi pemecahan masalah yang dihadapi. Kegiatan ini juga akan melatih ketelitian, akurasi, dan kejujuran, serta membiasakan peserta didik untuk mencari atau merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah, jika satu alternatif mengalami kegagalan.
d.      Data Processing (mengolah data). Kegiatan mengolah data akan melatih peserta didik untuk mencoba dan mengeksplorasi kemampuan pengetahuan konseptualnya untuk diaplikasikan pada kehidupan nyata, sehingga kegiatan ini juga akan melatih keterampilan berfikir logis dan aplikatif.
e.       Verification (memferifikasi). Tahapan ini mengarahkan peserta didik untuk mengecek kebenaran atau keabsahan hasil pengolahan data, melalui berbagai kegiatan, antara lain bertanya kepada teman, berdiskkusi, atau mencari sumber yang relevan baik dari buku atau media, serta mengasosiasikannya sehingga menjadi suatu kesimpulan.
f.       Generalization (menyimpulkan). Pada kegiatan ini peserta didik digiring untuk menggeneralisasikan hasil simpulannya pada suatu kejadian atau permasalahan yang serupa, sehingga kegiatan ini juga dapat melatih pengetahuan metakognisi peserta didik.

3.      Model Problem Based Learning
Model pembelajaran ini bertujuan merangsang peserta didik untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan pengetahuan yang telah atau akan dipelajarinya melalui langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut:
a.       Mengorientasi peserta didik pada masalah. Tahap ini untuk memfokuskan peserta didik mengamati masalah yang menjadi objek pembelajaran.
b.      Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran. Pengorganisasian pembelajaran salah satu kegiatan agar peserta didik menyampaikan berbagai pertanyaan (atau menanya) terhadap malasalah kajian.
c.       Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok. Pada tahap ini peserta didik melakukan percobaan (mencoba) untuk memperoleh data dalam rangka menjawab atau menyelesaikan masalah yang dikaji.
d.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan dari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber.
e.       Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Setelah peserta didik mendapat jawaban terhadap masalah yang ada, selanjutnya dianalisis dan dievaluasi.

4.      Model Project Based Learning
Model pembelajaran ini bertujuan untuk pembelajaran yang memfokuskan pada permasalahan komplek yang diperlukan peserta didik dalam melakukan insvestigasi dan memahami pembelajaran melalui investigasi, membimbing peserta didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum, memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menggali konten (materi) dengan menggunakan berbagai cara yang bermakna bagi dirinya, dan melakukan eksperimen secara kolaboratif.
Langkah pembelajaran dalam project based learning adalah sebagai berikut:
a.       Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek. Tahap ini sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.
b.      Mendesain perencanaan proyek. Sebagai langkah nyata menjawab pertanyaan yang ada disusunlah suatu perencanaan proyek bisa melalui percobaan.
c.       Menyusun jadwal sebgai langkah nyata dari sebuah proyek. Penjadwalan sangat penting agar proyek yang dikerjakan sesuai dengan waktu yang tersedia dan sesuai dengan target.
d.      Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek. Guru melakukan monitoring terhadap pelaksanaan dan perkembangan proyek. Peserta didik mengevaluasi proyek yang sedang dikerjakan.
e.       Menguji hasil. Fakta dan data percobaan atau penelitian dihubungkan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber.
f.       Mengevaluasi kegiatan/pengalaman. Tahap ini dilakukan untuk mengevaluasi kegiatan sebagai acuan perbaikan untuk tugas proyek pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lain.

Diskusi
1.      Dari beberapa model pembelajaran yang dijelaskan manakah yang paling sesuai diterapkan sesuai kurikulum 2013?
2.      Model pembelajaran yang manakah yang bisa atau yang sesuai diterapkan untuk siswa sekolah dasar?
3.      Mata pelajaran apa kita menggunakan Model pembelajaran Inquiry Learning?



http://izzaucon.blogspot.com/2014/06/macam-macam-model-pembelajaran.html

Komentar

  1. Assalamu alaikum, terima kasih saudari rohana. Artikelnya sangat penarik, baiklah saya disini akan membahas Point pertama: Dalam pembelajarkan suatu materi (tujuan/kompetensi) tertentu, tidak ada satu model pembelajaran yang lebih baik dari model pembelajaran lainnya. Artinya, setiap model pembelajaran harus disesuaikan dengan konsep yang lebih cocok dan dapat dipadukan dengan model pembelajaran yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dalam memilih suatu model pembelajaran harus mempertimbangkan antara lain: materi pelajaran, lingkungan belajar, dan fasilitas penunjang yang tersedia. Dengan cara ini, tujuan (kompetensi) pembelajaran yang telah ditetapkan dapat dicapai.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, pembahasan yang sangat menarik. saya akan mencoba mengomentari point diskusi nomor 3. Inkuiry learning dapat dilaksanakan pada pelajaran lain selain IPA. Akan tetapi sintaks pada model Inkuiry ini merupakan proses berfikir ilmiah sehingga model ini sangat tepat jika digunakan pada mata pelajaran IPA.

    BalasHapus
  3. menurut saya beberapa model diatas cocok. namun harus disesuaikan pelaksanaanny dengan umur dan tingkat berpikir siswa SD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sependapat dengan sdri bestia ... hanya saja penerapan model ini pada anak SD tidak terlalu mengeksplor tp ckup dengan pengalaman mereka saja.

      Hapus
  4. Mnrut saya model d atas sesuai d terapkan pada kurikulum 2013. Hanya saja sebagai guru kita harus mampu menyesuaikan materi dan jenjang pendidikan
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. saya akan menanggapi pertanyaan no 3 tentang mata pelajaran yang kita gunakan dalam Model pembelajaran Inquiry Learning yaitu sesuai dengan kesesuaian antara materi dan model inkuiri sehingga pembelajaran berjalan secara efektif.

    BalasHapus
  6. Artukelnya sangat bermanfaat...
    Menurut saya model model tersebut sangat cocok diterapkan untuk pembelajaran kurikulum 2013, namun penggunaannya disesuaikan dengan materi, keadaan sarana dan prasarana, indikator pencapaian kompetensi dan kemampuan guru

    BalasHapus
  7. Artikelnya sangat bermanfaat,model pembelajaran tersebut sangat cocok di terapkan dalam kurikulum k13 tetapi untuk penggunaan model sebaiknya disesuaikan dengan materi serta sarana dan prasarana pada sekolah tersebut

    BalasHapus
  8. Artikelnya sangat bermanfaat,model pembelajaran tersebut sangat cocok di terapkan dalam kurikulum k13 tetapi untuk penggunaan model sebaiknya disesuaikan dengan materi serta sarana dan prasarana pada sekolah tersebut

    BalasHapus
  9. Artikelnya sangat bermanfaat,model pembelajaran tersebut sangat cocok di terapkan dalam kurikulum k13 tetapi untuk penggunaan model sebaiknya disesuaikan dengan materi serta sarana dan prasarana pada sekolah terseb

    BalasHapus
  10. Artikel ini menambah referensi saya untuk mengajar, Terimakasih untuk artikel yang bermanfaat ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM PENILAIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA SISWA

MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN KONTEKSTUAL

PEMBELAJARAN SAINS ABAD 21